Danau Toba dan Kecantikannya

By : Tommy Simatupang

Danau Toba adalah salah satu keajaiban dunia yang tercipta dari letusan gunung berapi beberapa ribu tahun yang lalu dan merupakan salah satu letusan gunung berapi terdasyat yang pernah terjadi didunia ini dan yang memakan korban puluhan ribu orang atau lebih.

Kini bencana itu telah menjadi sebuah danau yang mempesona yang disebut dengan nama Danau Toba. Dibalik keindahannya, danau toba juga menjadi sumber kehidupan bagi masyarakat yang ada disekitarnya khususnya masyarakat batak.
Kecantikan Danau Toba membuat setiap orang yang melihat dan mengunjungi akan terpesona. Dari sudut manapun kita memandang kita akan terpesona dibuatnya. Danau Toba ibarat gadis cantik yang dapat memikat hati setiap orang yang mengunjungi dan melihatnya. Dan tak luput Presiden Jokowi pun takjub akan keindahan panorama Danau Toba .Presiden Joko Widodo (Jokowi) akhirnya merilis Peraturan Presiden Nomor 49 Tahun 2016 tentang Badan Otorita Pengelola Kawasan Pariwisata Danau Toba. Badan yang bertanggung jawab langsung kepada Presiden ini dibentuk untuk mempercepat pengembangan dan pembangunan kawasan pariwisata Danau Toba.

Hal inipun tak disia-siakan oleh Pemerintah Daerah yang ada dikawasan Danau Toba seperti Kabupaten Humbahas, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Toba, Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Samosir. Masing-masing berlomba membangun infrastruktur dan mepercantik daerahnya untuk menarik para wisatawan nantinya. Tempat-tempat yang dulunya tidak dirawat dan terasing mulai dirawat, ditata dan diperbaiki dan juga kerambah yang dahulunya menghiasi dan mencemari air danau toba mulai ditata dan ditertibkan.

Kini Kawasan Danau Toba telah menjadi magnet bagi para investor untuk menanamkan modalnya untuk berinvestasi.. Tak lama lagi hotel-hotel bintang lima dan resort-resort serta vila-vila mewah akan bermunculan. Danau Toba sebagai daerah pariwisata bertaraf internasional juga diharapkan akan menjadi penggerak dan meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar.

Pengembangan dan pembangunan kawasan pariwisata Danau Toba tentu harus di dukung juga oleh masyarakat sekitar kawasan danau toba. Pemerintah dalam hal ini sebagai operator pengembangan kawasan danau toba tidak boleh memandang sebelah mata atau tidak peduli dengan peran masyarakat dan hanya fokus pada pengembangan dan pembangunan infrastruktur pariwisata saja.

Masyarakat yang ada di daerah kawasan danau toba harus diajak dan di ikutsertakan dalam membangun dan mengembangkan kawasan pariwisata danau toba. Masyarakat harus diberikan  peranan bukan hanya sebagai penonton tetapi juga sebagai pelaku dan ikut serta ambil bagian didalamnya. Masyarakat disekitar kawasan danau toba juga harus merasakan manfaat dari kawasan pariwisata danau toba ini yaitu dengan meningkatnya ekonomi dan taraf hidup masyarakat sekitar. Manfaat yang dirasakan langsung oleh masyarakat ini akan sangat berpengaruh besar terhadap keberlangsungan kawasan pariwisata danau toba ini kedepannya.    

  


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Danau Toba dan Kecantikannya"

Post a Comment

obatak.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE