UAP PANAS MENYENGAT DI DESA SITOLUAMA KAB. TOBASA

UAP PANAS MENYENGAT DI DESA SITOLUAMA KAB. TOBASA


Sitoluama, 2 Juni 2015


Kejadian munculnya uap panas dan bau menyengat ini terjadi tepatnya di Desa Sitoluama Kec. Laguboti Kabupaten Tobasa kira-kira selama 3 hari sebelum dilaporkannya kejadian ini kepada Pemda Tobasa pada tanggal 30 Mei 2015 lalu dirumah salah satu penduduk bernama Furasa bermarga Silalahi yang berada persis dipinggir jalan lintas sumatera.




Munculnya uap panas dari tanah disamping rumahnya membuatnya semakin penasaran dan mencoba mencoba menggalinya dengan cangkul. Kira-kira 30cm dalamnya digali, uap panas semakin terasa dan menyengat hingga membuat pemilik menjadi semakin khawatir. Khawatir bau uap panas yang menyengat ini berbahaya untuk kesehatan akhirnya sang pemilik rumah melaporkan kejadian ini kepada Instansi Dinas Lingkungan Hidup Kab. Tobasa. Sontak kejadian ini mengundang banyak perhatian orang banyak yang datang berbondong-bondong dari berbagai tempat dan tak luput juga para media cetak maupun online untuk melihat kejadian ini secara langsung.



Beberapa bisik-bisik terdengar diantara pengunjung, bahwa bau yang mereka cium ini seperti bau belereng yang diair panas sipoholon. Seorang pengunjung yang melihat langsung ke lokasi mengatakan bahwa air dari dalam galian tanah tersebut terasa panas seperti air dari thermos dan kita tidak kuat untuk menggenggamnya didalam telapak tangan.



Kejadian ini menjadi tanda tanya bagi penduduk sekitar terutama bagi pemilik rumah apakah ini sebagai tanda-tanda akan munculnya gunung berapi atau akan menjadi kejadian seperti lumpur lapindo. Hingga saat ini, fenomena munculnya uap panas didesa Sitoluama kec laguboti ini belum bisa disimpulkan karena masih dilakukan penelitian.

obatak.id

Subscribe to receive free email updates: