PUSTAHA BATAK TENTANG OBAT DAN ILMU SIHIR


Ini adalah salah satu buku Batak tertua dan terbesar yang diketahui. Teks ditulis pada kulit kayu yang dilipat mode berduri. Rak bawah bertumpu pada empat kaki. Tutupnya terletak makhluk komposit dengan tubuh ikan-seperti dan kepala Singa. Mungkin representasi dari benda angkasa atau konstelasi (informasi lisan Romo Promes). Menurut spesialis Batak Achim Sibeth sangat mungkin bahwa ini adalah Padoha Naga, ular mitos dari perairan purba. Di bawah kaki depan dan melalui lubang di perut telah dikonfirmasi lanyard rotan.



Buku tersebut disebut pustaha, awalnya sebuah kata Sansekerta yang berarti buku atau naskah. Teks-teks di sini selalu bertindak atas sihir dan ramalan. Pustaha adalah notebook dari dukun Batak, Datu, didikte muridnya baik oleh siswa sendiri disalin di samping instruksi lisan. Hal ini menjelaskan sifat tiba-tiba dan fragmentaris banyak teks dan sebagian besar yang sibuk dengan daftar, tabel dan gambar magis. 


Pengetahuan tentang Tanggal dapat dibagi menjadi

1. kemampuan untuk mempertahankan hidup

2. untuk menghancurkan life skill

3. ramalan

Ini termasuk:

sub 1. diagnosis, obat rumah tangga, obat-obatan dan jimat magis, pesona dan agen lindung lainnya dan ibadah yang berhubungan dengan jiwa manusia.

2. ilmu hitam sub

3. sub nubuat untuk mengetahui keinginan jiwa, nubuat untuk menemukan tindakan para dewa dan leluhur dan nubuat astrologi.

Buku ini ditulis oleh Guru Toemoeroen Hata ni adji, Namora Simandjoentak ke Loboe Siregar, yang di Siregar tua di pantai barat daya dari Danau Toba (Info Pastor HJA Promes). Voorhoeve (1951, hal. 290) menyatakan bahwa pengumpulan oleh H. van der Tuuk Neubronner dikumpulkan selama tahun 1852-1857 di Barus di pantai barat Sumatera. Melalui Pastor Promes yang diterima dari Dr. P. Voorhoeve judul bab dan bagian sesuai dengan transkrip yang dibuat oleh Djaporman Saragih (1 febr. 1968) dan dari dirinya sendiri Promes pengantar risalah pertama (untuk kedua zettel asli).

Ringkas versi Pengantar risalah pertama:

Instruksi untuk memperoleh kekuatan, perlindungan di perusahaan-perusahaan besar dan mendapatkan bersenjata ........ Ini adalah Pangoeloebalang (Magic Power atau Roh) yang membawa keluar hantu Sidangbela sini dari seluruh Water lebar, yang Sidangbela memang terlihat desa musuh kita. Ini adalah Pangoeloebalang, yang tidak membuka kedok sebuah Sibaso (spirit medium) yang terkenal, tidak untuk bersumpah oleh datoe dicapai, tidak akan dipaksa untuk kembali dengan (ritual) musik Gondang, tidak mengusir Tunggal-Panaloean Staf . Ini adalah pangulubalang bahwa nafas tidak tongkat, yang kemudian runtuh bumi, yang menghancurkan desa musuh kita ...... Ini adalah Pangoeloebalang, disebut The Two Besar Odjim-Princes, Agung Odjims, yang Odjim- besar rajas, yang kulit berasal dari Nabi Guru Jadi Baloson, yang tinggal di negara Sitindaon ..... Pastikan Anda, sayangku, tidak lupa adji ajaib ini, sehingga kita bisa menikmati kemakmuran, o Guru Toemoeroen hata ni adji, O cucu Paradji Dais dari tanah Borotan, ........... kamu cucu Raja Ompoe Pamogang, anak master Ma..un (terbaca) ni adji kamu juru bicara di Anda Desa Marga Simandjoentak, datu nilai saya ...........

Buku ini berisi petunjuk untuk merakit Pangoeloebalang dan mencelup dengan ramboe-si-porhas. Penyusunan Pangu labalang Duwa Raja odjim setelah bolon pesona yang anak, dirampok desa lain, yang dibunuh secara ritual, sehingga roh memperoleh penolong bersedia dalam memerangi musuh di dunia.

Kulit buku ini mungkin dibuat dari kulit pohon Alim (Aquilaria malaccensis). Tinta terbuat dari resin pohon yang telah dicampur dengan bahan lain dan dipanaskan. Untuk menulis di lembaran pin bambu, tanduk kerbau atau menggunakan butir daun aren. Dalam buku-buku pengetahuan Datu telah diabadikan dalam Poda, bahasa ritual.

Sibeth, Batak, Kunst aus Sumatera, Frankfurt, 2000 p. 38.

17,4 x 7,4cm (6 7/8 x 2 15 / 16in.)

Sumber: collectie.tropenmuseum.nl

Subscribe to receive free email updates: