Tipa-Tipa



Kabupaten Toba Samosir sebagai salah satu kawasan wisata di Danau Toba memiliki cemilan khas yang disebut dengan tipa-tipa. Hampir tiap daerah di seluruh Indonesia memiliki makanan khas yang dijadikan oleh- oleh yang bisa dibawa jika berkunjung ke daerah tersebut. Selain Kabupaten Toba Samosir daerah lain disekitar Danau Toba juga memiliki makanan khas masing-masing seperti Tarutung dikenal dengan kacang sihobukdan Siborong-borong dikenal dengan ombus-ombusnya, dan daerah lainnya juga memiliki makanan khas.

Mendengar namanya terasa asing ya, memang cemilan ini hanya ada di daerah Toba Samosir. Tipa-tipa merupakan cemilan yang terbuat dari padi muda dan hanya ditemukan di daerah Toba Samosir. Dari bahan baku padi yang masih muda yang begitu dipanen padi tersebut direndam lebih kurang selama dua malam. Setelah melewati perendaman dua malam itu, ditiriskan kemudian padi tersebut digongseng hingga mencapai tingkat kematangan tertentu. Dalam keadaan masih panas padi yang sudah digongseng tersebut ditumbuk. Makanya dinamakan tipa-tipa karena arti tipa-tipa adalah ditumbuk berulang kali yang menggambarkan proses pembuatan cemilan ini. Setelah ditumbuk maka dilakukan pembersihan beras dari kulitnya dengan cara ditampi, setelah dibersihkan tipa-tipa siap disantap.

Bagaimana cara menikmati tipa-tipa ini? Tipa-tipa dijadikan sebagai cemilan dan biasanya dimakan dengan campuran kelapa parut dan ditambahkan sedikit gula atau garam sesuai dengan selera masing-masing. Aroma tipa-tipa ini sangat khas dan terasa pada saat dimakan. Namun bagi yang belum biasa akan terasa aneh pada saat memakannya, sebab saat dimakan gigi dan rahang kita akan terasa gemetar dan keram karena harus mengunyah tipa-tipa dengan kekuatan ektra karena teksturnya masih hampir seperti beras yang belum dimasak.

sumber : http://www.cometoliketoba.com/2016/11/21/tipa-tipa-makanan-khas-dari-toba-samosir/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tipa-Tipa"

Post a Comment

obatak.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE