Buah Rimbang mengandung vitamin A dan C yang cukup tinggi (Banyak Khasiat)


Hasil gambar untuk rimbangRimbang mungkin bukan satu-satunya jenis tumbuhan yang hanya tumbuh didaerah sumatera saja tetapi hampir diseluruh daerah di Indonesia. Selain menjadi makanan khas batak, rimbang juga ternyata juga menjadi makanan (lalapan) bagi orang dipulau jawa pada umumnya. 

Hasil gambar untuk rimbangRimbang adalah salah satu jenis tumbuhan yang menjadi makanan khas batak yang biasanya dimasak dengan daun ubi tumbuk. Selain dimasak dengan ubi tumbuh, rimbang juga sering dimakan mentah (menjadi lalapan) pada saat makanan. Daun ubi dicampur dengan rimbang (baik ditumbuk langsung ataupun langsung bulat-bulat) memang sangat disukai oleh orang batak dan kadang juga ditambah dengan santan kelapa.

Didaerah sumatera pohon rimbang sangat mudah ditemukan dan pohon rimbang belumlah menjadi langka karena rimbang mudah tumbuh dan berkembang tidak seperti pohon andaliman yang sangat susah mencari dan menemukannya. 

Jika di daerah sumatera (batak) dinamai rimbang namun dipulau jawa lebih dikenal dengan nama cepokak didaerah lain juga disebut dengan takokak.

Manfaat buah rimbang
Rimbang juga ternyata selain untuk makanan juga dapat berfungsi sebagai obat mata yang minus maupun plus.



Sementara itu kandungan kimia pada daun, bunga dan buahnya antara lain, Saponin, Tanin, Flavonid, Alkaloid, Protein Lemak, Kalsium, Fosfor, Zat Besi serta Vitamin A, B dan C. Yang dapat dimanfaatkan sebagai obat jantung berdebar (daun), kepala pusing, kurang nafsu makan serta tekanan darah tinggi (daun dan buahnya).



Buah rimbang selain di percaya masyarakat untuk menyembuhkan mata minus Rimbang juga mengandung vitamin A disamping itu Kandungan vitamin C-nya juga cukup tinggi

Buah ini Bisa Mengobati :

  • Pinggang kaku 
  • Bengkak terpukul
  • Sakit lambung
  • Tidak datang bulan 
  • Jantung berdebar

Subscribe to receive free email updates: