Pelantikan pengurus PSBI cabang Yogyakarta


Pesta akbar adat Batak Bolon serta rakernas Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia (PSBI) akan digelar pada Juli 2017 mendatang.

Dalam rangka menghadapi acara tersebut, jajaran pengurus PSBI di DIY dan Jawa Tengah, menggelar konsolidasi sekaligus pelantikan pengurus baru periode 2017-2022 di Yogyakarta, Senin (24/4).

Ketua Umum PSBI Effendi MS Simbolon hadir untuk melantik 5 pengurus PSBI cabang Yogyakarta, Solo, Semarang, Pekalongan, dan Brebes.

Effendi MS Simbolon mengatakan PSBI merupakan perkumpulan keluarga besar marga Bolon, yang didirikan­ untuk mewarisi adat ­istiadat batak.

“Punguan Simbolon Dohot Boruna Indonesia merupakan perkumpulan atau paguyuban marga Batak Simbolon yang ada di Indonesia,” ujarnya.

Berdiri sejak 10 ta­hun silam, PSBI memiliki sekitar 300 ribu anggota yang tersebar di sebanyak 106 wilayah di berbagai daerah di Indonesia.

PSBI ini memiliki anggota yang terdiri dari berbagai lintas agama, baik itu Kristen, Katolik, maupun Islam yang selalu menjunjung toleransi dalam menjalankan setiap kegiatannya.

Pesta akbar adat Batak Bolon diperingati setiap 5 tahun sekali, sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Batak pada Tuhan Yang Maha Esa atas segala karunia yang diberikan dalam suka maupun duka.

Salah satu nya adalah pesta Horja, yang biasanya dilakukan dengan membawa kerbau sebagai simbol rasa syukur atas kesuburan tanah.

"Hal semacam ini perlu diangkat kembali karena ketahanan masyarakat adat menjadi akar sekaligus pondasi kebhinekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Terlebih Presiden juga telah sangat menekankan agar selalu menghargai memberi peran besar pada masyarakat adat karena merupakan kekuatan bangsa," kata anggota DPR RI itu

sumber : www.jppn.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelantikan pengurus PSBI cabang Yogyakarta"

Post a Comment

obatak.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE