Silsilah Marga Sarumpaet


Subscribe to receive free email updates:

13 Responses to "Silsilah Marga Sarumpaet"

  1. Yang terhormat admin obatak.com
    Mohon di tinjau ulang silsilah keturunan si Partano Naiborngin, sebab keturunan sipartano naiborngin hanya dua yaitu Sibarani dan Sibuea. saya berharap admin memberikan sumber informasi yang valid dari silsilah ini.
    saya sangat mendukung website batak ini.
    terimakasih

    ReplyDelete
  2. Jadi TDK masuk sarumpaet ya ito

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang terhormat admin obatak.com

      Anak ni Sipartano Tetap 2 unang Tambai hamu, Sarumpaet nama Penyamaran anak ni sibarani Parjalang Tu luat Pahae-tu Pangaribuan- lopus Tusipirok, Sibarani namangaranto on Rap do on Dohot Dongan na Anak ni Sibuea dht Anak ni Hutahaean, Dihajagoon ni sibarani i, Dibaen halaki ma goarni halaki Sarumpaet.

      Delete
  3. Berapakah anak sipaettua? Harap diberi penjelasan yg lebuh rinci dan pasti tentang sarumpaet ,supaya kita pomparan sipaettua dapat mewariskan silsilah dengan benar kepada generasi pengganti kita(generasi muda)

    ReplyDelete
  4. Mengapa ada marga "SARUMPAET" ?
    Pada awal merantau Keturunan Sipaet Tua ke Daerah Tapanuli Selatan dan Tapanuli Tengah (antara lain : Hutahaean dan Sibarani), masyarakat setempat menanyakan marga. Lalu mereka mengatakan marganya masing-masing yaitu Hutahaean dan Sibarani. Tetapi masyarakat setempat tidak mengenal marga tersebut . Lalu mereka (marga hutahaean dan sibarani) memperjelas lagi nama ke atasnya yaitu "Sipaet Tua". Di Tapanuli Selatan dan Tapanuli Tengah ada nama sayuran "Siarum Paet" yaitu sejenis "Bayam". Karena masyarakat setempat mendengar kata "Sipaet Tua" dan ada nama sayur "Siarum Paet" dimana pada kedua nama tersebut ada bunyi bahasa "Paet", masyarakat setempat menyamakan "Sipaet Tua" dengan "Siarum Paet". Dimana dalam pengucapannya menjadi "SARUMPAET".
    Sehingga di Tapanuli Selatan dan Tapanuli Tengah ada Marga Sarumpaet. Jika ditanya lebih jelas lagi mereka adalah Hutahaean atau Sibarani.
    NB: ini menurut tafsir saya. Sihol Sarumpaet Hutahaean.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itupun Nama SARUMPAET Masih Multi tafsir, Kalau cerita ompung dulu yg dilaguboti dan Porsea, Nama Mereka itu merupakan ejekan Masyarakat setempat, ketika mereka masih singgah di perbatasan sibrong2 dengan tarutung, demikianlah mereka bisa bertahan hidup menjadi pekerja Kuriah (belanda) dan Raja2 setempat, dan mereka sendiri menerima nama itu, dari siborng2 mereka juga berpencar, sebahagian lari ke Pahae, Pangaribuan, Tarutung, Tapsel (mayoritas Mereka Muslim), Yg Jelas Mereka itu bukan berasal dari satu Marga, Mereka itu Rombongan Parsiadapari,( mereka Pindah2 dimana ada musim Tanam dan Musim Panen)

      Delete
  5. Sipaettua mereka juluki Sarumpaet
    Sipaettua memperanakkan HUTAHAEAN dan SIBARANI terimakasih infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sarumpaet punya sejarah tersendiri..
      Tdk bisa keturunannya di kaitkan total dgn sipaetua..
      Sipaettua punya 3 anak
      # pongolu ponggok nai borgin
      1 hutahaean
      2 aruan
      3 hutajulu

      # pardundang
      1 sibarani
      2 dibuka

      #puraja laguboti
      1pangaribuan
      2 hutapea..

      Kalau di gabung ada 7 marga ..

      Delete
    2. Sipaet tua》Sipartano》Sibarani&Sibuea.
      Ciri" :fisik Ganteng,mancung
      Sifat : Tenang & Nekat

      Delete
  6. menarik. info dr sihol

    ReplyDelete
  7. #partano nai borgin
    Sibarani
    Sibuea

    ReplyDelete

obatak.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE