INILAH ARTI GELAR DATU, SIBASO, GURU DAN TUAN DALAM BUDAYA BATAK

Seseorang yang mempunyai keahlian atau pakar dalam satu bidang akan diberikan gelar sebagai ahli atau pakar. Dalam perguruan tinggi akan diberikan gelar akademik tetapi meskipun sudah meraih gelar sarjana belum tentu seseorang yang sudah lulusan itu dapat dikatakan seorang ahli atau pakar dalam sebuah bidang.



Demikian juga dalam budaya batak, hal pemberian gelar juga sudah berlangsung lama. Dan pemberian gelar ini bukan semata-mata karena telah menyelesaikan suatu pendidikan atau pelatihan akan tetapi karena memang seseorang itu memang telah terbukti ahli/pakar dibidangnya.

Selama ini mungkin sering kita bertanya kenapa ada nama Datu, Sibaso, Guru atau Tuan terdapat dalam nama opung-opung kita terdahulu contohnya Datu Pejel, Guru Mangindangi, Tuan Batara, Boru Sibaso. Inilah arti pemberian gelar itu :   

1. DATU 

Gelar DATU diberikan kepada seseorang yang memiliki keahlian dbidang pengobatan, meramal dan mendatangkan hujan atau menangkal hujan, menangkal bala,dll  .

Dahulu datu tidaklah selalu dikonotasikan sebagai orang jahat atau orang yang memiliki ilmu hitam. Datu dalam istilah batak adalah seseorang yang mempunyai kemampuan lebih dibanding manusia lainnya. Datu juga terbagi dalam beberapa bidang bukan saja hanya mengurusi hal-hal yang berbau mistik. 

Secara keilmuan Datu dibagi atas tiga, yaitu :

  1. Datu Partoar, yaitu seseorang yang mempunyai keahlian dibidang pengobatan, mengobati dan meracik obat dari bahan-bahan alami seperti akar, batang dan daun atau istilah orang Cina disebut sebagai Tabib;
  2. Datu Pangatiha, yaitu seseorang yang mempunyai indera keenam atau orang ini disebut sebagai orang yang memiliki kemampuan untuk meramal;
  3. Datu Panuju, yaitu seseorang yang memiliki kemampuan dibidang menangkal dan mendatangkan hujan
Kategori Datu yang bertujuan untuk mencelakakan orang (mengguna-gunai, menyantet, dll) atau yang sering disebut ilmu hitam tidaklah masuk dalam gelar Datu yang dimaksud dalam hal ini. Gelar datu untuk ilmu hitam dapat dikatakan sebagai gelar ilegal.



2. SIBASO 

SIBASO adalah sebuah gelar yang sama pengertiannya dengan DATU, hanya gelar Sibaso diberikan kepada perempuan yang memiliki keahlian dibidang Persalinan (membantu seorang ibu untuk melahirkan) atau sekarang ini disebut Bidan. 


3. GURU

GURU adalah sebuah gelar kehormatan diatas Gelar Datu yang diberikan kepada seseorang yang memiliki pengetahuan yang luar/ berwawasan luas , Pintar dan bijaksana diatas keahlian Datu. Para Datu pada umumnya berguru atau meminta petunjuk atau nasihat kepada Guru. Dalam istilah orang cina Guru ini disebut SUHU 

4. TUAN 

TUAN adalah sebuah gelar yang diberikan kepada seseorang yang terhormat, diakui, disegani diantara kelompok/ komunitasnya diluar kelompok/ komunitasnya.


Gelar Tuan lebih tinggi tingkatannya dibandingkan gelar Datu ataupun Guru.






Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "INILAH ARTI GELAR DATU, SIBASO, GURU DAN TUAN DALAM BUDAYA BATAK"

Post a Comment

obatak.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE