Batara Sianturi


Ahli/Tokoh Perbankan

Nama Lengkap : Batara Sianturi
Profesi : Tokoh Perbankan
Tempat Lahir : Jakarta
Tanggal Lahir : Minggu, 26 Juni 1960
Istri : Debbie Tampubolon



BIOGRAFI


Batara Sianturi merupakan bankir Indonesia pertama yang berhasil mengukir sejarah masuk dalam jajaran direksi perbankan luar negeri. Pria yang mempunyai empat gelar kesarjanaan dari beberapa universitas ternama Amerika Serikat ini mengawali karirnya di dunia perbankan sebagai Management trainee Citigroup Indonesia pada 1988. Hanya berselang empat tahun kemudian, karir Sianturi melambung setelah resmi diangkat sebagai Direktur Keuangan dan, dua tahun kemudian, sebagai Vice President korporasi perbankan yang berbasis di kota New York.

Fasih berbahasa Inggris dan Prancis, bankir kelahiran 1960 ini semakin mengokohkan karir internasionalnya setelah menjadi wakil Citigroup Indonesia yang bertugas sebagai General Cross Border Mortgage di Australia. Sianturi memikul tanggung jawab besar untuk memajukan pasar properti, khususnya perumahan, untuk wilayah Singapura, Hong Kong dan Indonesia. 

Sukses melaksanakan tugas tersebut, membuat bankir kelahiran kota Jakarta ini makin memperoleh kepercayaan untuk menjabat berbagai posisi penting dalam perusahaan seperti Direktur Keuangan, Direktur Retail Banking serta Direktur Country Distribution dan Sales Citibank Indonesia. Pada 2004-2005, Sianturi dipercaya mengampu posisi strategis sebagai Direktur Country Marketing sebelum akhirnya dilaktik sebagai salah satu CEO untuk Citibank Hungaria. 

Selain 17 tahun loyalitas yang ditunjukkan Batara Sianturi pada perusahaan, ayah tiga anak ini juga memiliki sederet sumbangan prestasi yang mengagumkan. Kinerjanya berhasil memacu peningkatan jaringan dan distribusi Citibank lebih dari 10 kali lipat serta meningkatkan bisnis Gold Wealth Management Citibank Indonesia menjadi dua kali lipat. Baginya, kepuasan dalam menjalani hidup dan karier adalah membangun bisnis dan timnya.

Dia mengaku punya kebanggaan tersendiri apabila melihat anak buahnya maju, apalagi bisa menggantikan posisinya. Menurut Batara, sebagai pemimpin, salah satu tugas yang harus dijalankan dengan baik adalah membangun pemimpin baru. Tentunya, puncak karir dalam jajaran Direksi Citibank Zrt Hungaria tersebut juga merupakan hasil kerja keras dan disiplin yang sudah dipupuk sejak usia remaja. 

Riset dan Analisis: Isti Kumalasari - Mochamad Nasrul Chotib

PENDIDIKAN

Bachelor of Science, Chemical Engineering, Case Western Reserve University
Bachelor of Science, Macromolecular Science, Case Western Reserve University
Master of Chemical Engineering, Stevens Institute of Technology, 1984
Master of Business Admiinistration, Finance, St. John's University, 1988
KARIR

Management trainee di Citigroup
Analisis Riset di Polymer Processing Institute, Hoboken, AS
Vice President Citigroup
Direktur Keuangan Citibank IndonesiaDirektur Retail Banking Citibank Indonesia
Direktur Country Distribution & Sales Citibank Indonesia
Direktur Country Marketing Citibank Indonesia
Direksi Citibank Zrt, Hungaria

sumber : http://profil.merdeka.com/indonesia/b/batara-sianturi/

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Batara Sianturi"

Post a Comment

obatak.id tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE